Alasan Mengapa Gus Rommy Tebarkan Ghirah Melek Politik Pada Santri

3318
Arsip pribadi sahabatgusrommy

Sudah jamak diketahui, bahwa Gus Rommy atau Romahurmuziy yang merupakan kalangan santri dan tengah berperan aktif di dunia politik sangat getol menyampaikan ghirah melek politik pada kalangan santri.

Itu karena kesadaran Gus Rommy akan nilai santri yang berupa pengabdian. Dalam pengabdian tersimpan nilai kemanfaatan. Dan kedua nilai yang saling berkelindan satu sama lain ini menjadi nilai santri yang substantif dalam kehidupan pesantren.

Kehidupan pesantren yang mana menjadi miniatur kehidupan sesungguhnya bagi para santri menjadi ruang dan waktu bernafaskan pembelajaran. Kelak, saat para santri telah siap terjun ke masyarakat, nilai luhur yang disadarinya dan diejawantahkannya semenjak di Pesantren ini telah siap dimanifestasikan dalam ruang lingkup yang lebih luas. Sejatinya kehidupan.

Lalu bagaimana ukuran kemanfaatan itu?

Gus Rommy, dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa ukuran kemanfaatan seseorang terletak pada kebaikan. Dan kebaikan itu, selain bisa ditransfer melalui instrumen-instrumen disiplin keilmuan, ia juga mewujud dalam instrument politik.

“Ukuran kemanfaatan seseorang adalah kebaikan yang dibuat untuk orang banyak. Di dalam politik kita bisa berbuat untuk orang banyak,” terang Gus Rommy.

Kebaikan untuk orang banyak menjadi ukuran kemanfaatan menurut Gus Rommy. Beliau lalu melanjutkan, “Apalagi politik secara nasional, kita bisa berbuat untuk seluruh penduduk (Indonesia) kita,” pungkasnya.

Gus Rommy pun tak akan pernah Lelah mengingatkan kepada para santri bilamana umat Islam berfikir dan bersikap apatis pada politik, maka umat Islam harus siap bila kelak dipimpin oleh seseorang yang tidak peduli pada Islam.(nda)