Wisata Kuliner Populer, Gus Rommy Mencoba Sate Klatak Jogja

567
Wsata Kuliner Populer, Gus Rommy Mencoba Sate Klatak Jogja
Foto Pribadi.

Jogja memang terkenal akan kearifan lokal yang tetap terpelihara di tengah modernisasi. Tidak hanya adat istiadat, kesenian, keelokan alam hingga kesederhaan dan keramahan warganya, Jogja juga menyimpan wisata kuliner yang memiliki cita rasa tinggi.

Berkunjung ke Jogja, Gus Rommy tidak melewatkan wisata kuliner Sate Klatak Pak Pong yang terletak di Jalan Imogiri Timur KM 10 Bantul. Gus Rommy mencoba beberapa menu, antara lain sate klatak, sate kambing, tongseng, dan tengkleng yang disajikan lengkap dengan kerupuk dan lalap sayur.

Beliau mengungkapkan, jika sate klatak merupakan menu yang populer. Meruntut pada unggahan video Gus Rommy di akun resmi instagaram miliknya, sate ini hanya diberi bumbu garam dan di panggang menggunakan jeruji besi dengan cara penyajiannya yang unik, yaitu dengan kuah gule yang gurih. Dalam video singkatnya, Gus Rommy juga mengajak untuk berkunjung dan menikmati Sate Klatak Pak Pong.

Warung Sate Klatak Pak Pong sendiri sudah buka sejak tahun 1997. Daging sapi muda adalah bahan utama yang digunakan untuk mengolah sate klatak. Cara memasaknya bisa dibilang beda dari kebanyakan warung sate pada umumnya, karena menggunakan jeruji besi dan bukan tusuk bambu. Hal tersebut dimaksudkan, agar panas pada besi jeruji maksimal dan menghasilkan kematangan yang merata dengan bumbu rempah yang meresap pada sate klatak.