5 Sekolah Dasar Terfavorit di Yogyakarta

3054

Sekolah favorit yang banyak diidolakan masyarakat karena berwawasan global dan berkearifan lokal ini ternyata adalah sekolah salah seorang tokoh hebat negeri ini. Dialah  M. Romahurmuziy (Gus Rommy), seorang cendekia, ulama, pengusaha, dan negarawan.

1. SD Ungaran I
Terletak di Jalan Sajiono Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Banyak prestasi dan keunggulan yang diraih SD Negeri satu ini. Pernah mengikuti ajang bergengsi di kota Padang, Sumatra Barat, dan menyabet peringkat pertama tingkat Nasional sebagai sekolah berbudaya mutu, kategori sekolah Pembina.
Persaingan berat kala itu dilalui SD N Ungaran I ini karena harus bertanding dengan 18 sekolah favorit se-Indonesia. Karena prestasi itulah SD N Ungaran 1 Yogyakarta ini akhirnya dijadikan percontohan dalam pengembangan budaya mutu pendidikan sekolah favorit lainnya.
SD N Ungaran I juga aktif dalam merespon dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Mulai dari termasuk Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi dari 57 sekolah lainnya di Yogyakarta. SD ini maju karena berbasis teknologi informasi.
Sekolah favorit yang banyak diidolakan masyarakat karena berwawasan global dan berkearifan lokal ini ternyata adalah sekolah salah seorang tokoh hebat negeri ini. Dialah  M. Romahurmuziy (Gus Rommy), seorang cendekia, ulama, pengusaha, dan negarawan.
  1. SD NU
Sekolah Dasar yang memiliki akreditasi A ini terletak di jalan Ringroad Barat, Komplek Perumahan Nogoterto 4, Gamping, Sleman. Mengkombinasikan akademik umum dan agama. Memiliki pola pendidikan khas Pesantren, yaitu bertumpu pada pengembangan pekerti dan akhlaq mulia, Islami dan berbudaya.
Diampu oleh para pendidik yang kaya akan kreatifitas dan loyalitas. Sekolah Dasar NU ini dikenal sebagai sekolah unggul, berprestasi, dan berkarakter. Baru-baru ini menyabet kemenangan gemilang dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).
  1. SD Muhammadiyah Sapen
Terletak di Jl. Bimokurdo No. 33, Demangan, Gondokusuman. Sekolah Dasar yang dikenal dengan berbagai prestasi. Tahun 2018 ini kembali membawa pulang selusin medali di ajang olimpiade Matematika tingkat Asia. Ajang olimpiade itu bernama “Thailand International Mathematical Olympiad” yang dihelat di Ambasador Hotel, Bangkok, Thailand.
  1. SD Budimulia
“Bersekolah dengan Senang dan Senang di Sekolah” adalah motto sekolah dasar Budi Mulia. Pertama membacanya, para orangtua langsung merasa senang sehingga tidak ragu menyekolahkan anak-anaknya di sekolah ini.
Kesadaran yang tertanam dalam diri para pendidiknya adalah ‘Mendampingi anak dalam belajar dan mengembangkan potensinya’. Memang, sekolah ini menekankan pada keterampialn dan potensi yang dimiliki anak didik.
5. SD Al-Azhar
Sekolah ini adalah salah-satu Sekolah Islam yang ada di Yogyakarta dan termasuk sekolah favorit. Tahun 2017 lalu, berhasil menyabet 2 medali emas 1 medali perak dalam ajang Olimpiade Kompetensi Tingkat SD Islam Al-Azhar se-Indonesia (OLKA).