Standard Chartered Prediksi di 2030 Indonesia Tempati 4 Besar Ekonomi Dunia

344
foto : jitunews.com

Sebuah riset yang dirilis oleh Standard Chartered memprediksi 7 dari 10 negara dengan ekonomi terbesar dunia pada tahun 2030 adalah negara yang saat ini berada pada jajaran negara-negara berkembang. Indonesia diprediksi menjadi salah satunya kandidat terkuat menjadi raksasa ekonomi dunia.

Menariknya, Indonesia diprediksikan akan menempati urutan keempat ekonomi terbesar dunia. Perhitungan ini menggunakan pendekatan purchasing power parity, di mana pendekatan ini menghitung nilai mata uang yang tidak didasarkan atas nilainya di pasar uang internasional, tapi merujuk pada perbandingan harga produk sejenis antarnegara.

Seperti yang dilansir Bloomberg, Rabu (9/1/2019), nominal PDB Indonesia diprediksi mencapai US$ 10 triliun pada 2030 dan masuk dalam daftar 10 negara dengan perekonomian terbesar dunia. Sebagai informasi, PDB Indonesia telah menembus US$ 1 triliun untuk pertama kalinya pada 2017. Pada 2030, ekonomi Indonesia berada di bawah Amerika (peringkat 3) dan di atas Turki (peringkat 5). Sementara Tiongkok tercatat sebagai negara dengan perekonomian terbesar dunia, yakni mencapai US$ 64,2 triliun.

Proyeksi tersebut kontras dengan pernyataan calon Presiden Prabowo Subianto sebelumnya yang menyebut bahwa Indonesia akan bubar (sudah tidak ada lagi) pada 2030. Pernyataan pesimistis yang bersumber dari sebuah novel fiksi karya PW Singer dan August Cole yang berjudul Ghost Fleet sontak menjadi polemik di kalangan masyarakat.